THANK' TO ALLAH SWT


اَللّهُمَّ اِنِّي اَعُوْ ذبِكَ مِنَ اْلهَمِّ وَاْلحَزَ نِ وَ اَ عُوْ ذ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوْذ بِكَ مِنَ اْلجُبْنِ واْلبُخْلِ وَأَعُوْذ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّ يْنِ وَ قَهْرِ الرِّ جَالِ

Kamis, April 10, 2008

DOA untuk ORANG TUA

Sesungguhnya jasa orang tua kita tidak terhitungbanyaknya. Ibu kita mengandung selama 9 bulan kemudianmelahirkan kita dengan resiko nyawa melayang. Ketikakita masih bayi tak berdaya, mereka beri kita minumdan makanan. Ketika kita buang air, tanpa jijik merekamembersihkan kita dengan penuh cinta. Kita diberipakaian dan juga pendidikan.
Mereka sabar menghadapi kemarahan kita, rengekan,kenakalan, bahkan mungkin ketika kita masihkecil/balita pernah memukul mereka. Mereka tetapmencintai kita. Jadi jika kita merasa kesal denganmereka, apalagi jika mereka begitu tua sehinggakelakuannya kembali seperti anak-anak, ingatlahkesabaran mereka dulu ketika menghadapi kita. Bagiyang sudah memiliki anak tentu paham tentang kerewelananak-anak yang butuh kesabaran yang sangat dari orangtua.
Adakah kita mampu membalasnya? Bahkan seandainya orangtua kita tak berdaya sehingga untuk buang air kitayang membersihkannya, itu tidak akan sama. Orang tuamembersihkan kita dengan penuh cinta dan harapan agarkita selamat dan panjang umur. Sementara si anakketika melakukan hal yang sama mungkin akan merengutdan bertanya kapan “ujian” itu akan berakhir.
Begitulah. Seperti kata pepatah, Kasih anaksepanjang badan, kasih ibu sepanjang jalan Tidakbisa dibandingkan.
Oleh karena itu hendaknya kita berbakti pada orang tuakita. Minimal kita mendoakan mereka:
Apabila anak Adam wafat putuslah amalnya kecuali tigayaitu sodaqoh jariyah, pengajaran dan penyebaran ilmuyang dimanfaatkannya untuk orang lain, dan anak yangmendoakannya. (HR. Muslim)
Jika kita tidak berdoa untuk orang tua kita, makaputuslah rezeki kita:
Apabila seorang meninggalkan do'a bagi kedua orangtuanya maka akan terputus rezekinya. (HR. Ad-Dailami)
Oleh karena itu sebagai anak yang berbakti hendaknyakita senantiasa berdoa untuk ibu bapak kita. Di antaradoa-doa untuk orang tua yang tercantum dalam AlQur'an adalah sebagai berikut:
“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berduadengan penuh kesayangan dan ucapkanlah:
Robbirhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo
"Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimanamereka berdua telah mendidik aku waktu kecil." [AlIsraa':24]
Robbanaghfir lii wa lii waalidayya wa lilmu'miniinayawma yaquumul hisaab
Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibubapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hariterjadinya hisab (hari kiamat)." [Ibrahim:14]
Robbighfir lii wa li waalidayya wa li man dakholabaytiya mu'minan wa lilmu'miniina walmu'minaati wa laa tazidizh zhoolimiina illa tabaaro
Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yangmasuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yangberiman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkautambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selainkebinasaan." [Nuh:28]
Robbighfir lii wa li waalidayya warhamhumaa kamaarobbayaanii shoghiirooYa Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku dankasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berduatelah mendidik aku waktu kecil."
Mudah-mudahan kita bisa mengambil manfaat dari ilmuyang kita dapat dengan mengamalkannya setiap hari.Amiin.